Pengalaman Mengurus Visa Argentina (AVE) Secara Online

Jika membaca pengalaman travel blogger Indonesia, visa Argentina adalah salah satu visa yang paling menakutkan. Trinity Traveler tidak dapat memperoleh visa Argentina untuk bepergian keliling dunia, begitu pula GoDulu, meskipun aturannya telah berubah dan seharusnya lebih mudah.

Gletser Perito Moreno, El Calafate, Argentina

Beberapa tahun lalu di Argentina ada cara yang lebih mudah untuk mendapatkan visa, namun dengan syarat tertentu. Jika Anda memiliki visa AS B2/J/B1/O/P (P1-P2-P3)/E/H-1B yang valid dan telah menggunakannya dalam 2 tahun terakhir, Anda dapat mengajukan permohonan visa Argentina secara online. Nama visanya adalah Autorización de Viaje Electrónica (AVE) atau Otorisasi Perjalanan Elektronik. Karena saya memiliki visa US B1/B2 dan visa ini masih berlaku dan telah digunakan selama dua tahun terakhir, saya dapat mengajukan permohonan secara online. Jika Anda membaca sumber yang berbeda, dikatakan bahwa visa Schengen multiple entry juga memenuhi syarat, tetapi tidak demikian dalam PDF di bawah ini .

Informasi awal yang saya terima adalah bahwa biaya AVE adalah $50 yang jauh lebih murah daripada membayar $150 melalui kedutaan Jakarta. Yang mengejutkan saya, ketika saya memasukkan informasi dasar seperti jenis visa yang ingin saya ajukan dan kewarganegaraan saya, biaya $200 muncul. Saya mencari informasi di situs atau forum, tetapi sayangnya tidak dapat menemukannya. Saya akhirnya mengirim email ke departemen yang menjalankan AVE dan mereka mengatakan harganya tepat. Alamat emailnya adalah ave@migraciones.gob.ar.

Karena jajan 50 dolar tidak cukup, akhirnya saya membuka website Kedutaan Besar Argentina di Jakarta dan mencari informasi tentang apa yang saya butuhkan. Saya mengirim email untuk informasi lebih lanjut karena saya memiliki informasi yang saya perlukan untuk membuat janji. Baik proses maupun dokumen yang dibutuhkan menjadi sangat kompleks. Saya akhirnya memutuskan untuk memesan secara online dan membayar $200. Visa saya yang paling mahal!!! Untungnya, saya berada di Argentina selama sebulan, jadi saya akan ketinggalan sedikit.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengajukan visa Argentina secara online.

1. Daftarkan akun
Buka https://dnm.provincianet.com.ar/Login/IndexRegister dan buat akun.

2. Bayar biaya AVE
Setelah berhasil membuat akun, pilih "AVE Turista". Isi formulir dan klik tombol "Bayar". Pembayaran hanya dilakukan dalam peso Argentina (ARS) dan dengan kartu kredit.

Menu utama

Harga 200 USD tetapi pembayaran dalam peso

3. Lengkapi formulir aplikasi AVE.
Setelah pembayaran, Anda akan menerima email dengan tanda terima pembayaran dan nomor "Stiker". Nomor ini adalah "ID transaksi" yang diperlukan untuk mengakses https://www.dnm.gov.ar/avevisa/login .

Dokumen pembayaran

halaman pendaftaran

Kemudian Anda perlu mengisi formulir yang ada, yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu. informasi pribadi, scan paspor, rencana perjalanan dan informasi lainnya. Bentuknya menurut saya cukup sederhana dan jelas karena ada versi bahasa Inggrisnya. Namun, beberapa opsi di dropdown opsi tidak memiliki terjemahan, jadi Anda perlu membuka Google Terjemahan. Juga, "Apakah Anda memiliki visa untuk negara lain?" dengan beberapa pertanyaan samar seperti

Deskripsi bagian pemindaian paspor: "Paspor yang Dipindai Penuh untuk Visa AS/Schengen". Menurut hasil membaca blog dan forum, ada yang mengatakan bahwa Anda perlu memindai setiap halaman paspor Anda, bahkan yang kosong (!!). Beberapa mengatakan Anda hanya memerlukan ID dan visa AS/Schengen. Sederhana, tapi bukannya bermasalah di akhir, saya scan semua halaman dari ketiga paspor yang saya punya. Tentu saja saya membeli scanner untuk ini, karena terakhir kali saya scan di Snapy harganya 2000 rupiah per scan. Hanya sebuah investasi. Lelah scan masalah hidup tak kunjung selesai, karena ternyata ada satu syarat lagi yang tak tertulis, yaitu ukuran file. File saya sangat besar pada awalnya, jadi saya memindai ulang dengan kualitas yang lebih rendah, tetapi masih dapat dibaca, terutama untuk visa AS. Masih terlalu besar, saya menggunakan kompresor PDF online. File terakhir saya adalah 4MB dan dimuat dengan baik.

Bagian pengunduhan paspor

Anda akan ditanya tentang penerbangan ke dan dari Argentina di bagian rute. Namun, tampaknya karena kartu tersebut tidak diperlukan, maka tidak perlu mengeluarkannya. Karena saya akan berada di beberapa kota, di bagian hotel saya tuliskan hotel dari semua kota yang akan saya kunjungi.

Saya memiliki masalah dengan Panduan dan bagian informasi lainnya, karena meskipun saya memilih "Tidak" untuk beberapa pertanyaan, jawabannya hilang setelah disimpan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Sama dengan jawaban yang saya posting. Saya mengirim email kepada petugas itu lagi dan menerima tanggapan yang kurang lebih ambigu. Tapi saya baru saja mendapatkan kontennya dan jika berubah, silakan. Tolong doakan saya sementara saya menyiapkan tangkapan layar jika ini menjadi masalah nanti.

Pilih tidak terlebih dahulu

Berikut setelah menyimpan

Penjelasan petugas

Formulir dikirim setelah diisi.

ikuti halaman

4. Durasi proses
Setelah 2 tahun tidak mengajukan visa (visa AS terakhir Juli 2019 ), saya khawatir akhirnya menunggu visa lagi. Selain itu, kapal pesiar sudah penuh dipesan dan mereka membeli beberapa tiket pesawat karena takut kehabisan tempat duduk.

Saya melamar pada 30 November 2021. Jika Anda membaca blog dan forum dikatakan sekitar 20 hari kerja (4 minggu) tetapi ada yang mengatakan itu bisa memakan waktu lebih dari sebulan. Beberapa dari mereka ditolak meskipun mereka memiliki visa Amerika dan sudah menggunakannya! Benar-benar menyebalkan, ya.

Mengonfirmasi!

Pada 16 Desember 2021, saya menerima email yang memberitahukan bahwa visa saya telah diberikan. Alhamdulillah! Artinya, proses visa memakan waktu kurang lebih 11 hari kerja. Saya kemudian memeriksa semua informasi visa untuk memastikan semuanya beres. Visa saya berlaku selama 3 bulan sejak tanggal penerbitan (16 Desember 2021 hingga 16 Maret 2022) dan berlaku untuk beberapa entri.

Formulir AVE dikirim melalui email

Ya, karena saya tidak tahu apakah saya akan masuk Argentina pada 15 Maret 2022, apakah berlaku untuk 3 bulan ke depan atau sampai 16 Maret 2022, 3 bulan sebelum hari terakhir saya di Argentina? Saya melamar pada akhir November untuk berjaga-jaga, karena saya berencana meninggalkan Argentina pada 27 Februari 2022.

Saya memutuskan untuk mencetak AVE jika ID fisik diperlukan di pesawat atau nanti saat check in dengan kantor imigrasi Argentina. Saya lupa, tetapi ketika saya di pengasingan, saya akhirnya ditanya apakah ...

Ajukan visa melalui Kedutaan Besar Argentina di Jakarta.
Informasi lebih lanjut bagi yang ingin melamar melalui kedutaan di Jakarta, dokumen persyaratan dapat dilihat di halaman berikut: https://eisia.cancilleria.gob.ar/en/node/412

Dokumen untuk tujuan wisata:
  • Paspor dengan setidaknya dua (2) halaman kosong, berlaku setidaknya enam (6) bulan pada saat masuk ke Argentina.
  • Pas foto wajah terbaru ukuran 4 x 4 cm berwarna sebanyak 1 (satu) lembar dengan latar belakang putih
  • Formulir aplikasi visa yang telah diisi (sebaiknya dalam format elektronik) dan ditandatangani oleh pemohon
  • Bukti penghasilan untuk membuktikan solvabilitas keuangan (misalnya, daftar gaji terbaru, laporan kartu kredit terbaru atau laporan bank selama 3 bulan terakhir)
  • Surat kerja dari pemberi kerja pelamar, kontak profesional, informasi kontak lengkap pemberi kerja, dan perkiraan gaji rata-rata dalam dolar AS.
  • Memesan tiket pulang pergi (rekomendasi: jangan membeli tiket sebelum mendapatkan visa)
  • Pemesanan hotel (non-grup) dan rencana perjalanan atas nama pemohon
  • Surat undangan jika tidak ada reservasi hotel dan ada yang mengundang pemohon
Prosesnya sendiri, berdasarkan tanggapan staf kedutaan, adalah sebagai berikut: isi dokumen, lalu hubungi kedutaan (mungkin melalui email consulares_eisia@mrecic.gov.ar ) untuk menyerahkan dokumen dan menjadwalkan wawancara. Pembayaran Visa $150 dapat dilakukan dengan kartu debit Mandiri. Kedutaan sendiri berlokasi di Menara Tamrin (Jalan MH Thamrin No.3, RT.10/RW.10, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta 10340).

Email Kedutaan Besar Jakarta

Ini adalah pengalaman saya dengan visa Argentina. Saya pikir itu cukup sederhana dan apik, kecuali bagian pemindaian paspor yang rumit. Saya rasa saya tidak berencana untuk kembali ke sana karena biayanya cukup tinggi. Untungnya, saya telah mengunjungi beberapa tempat yang indah. Ada beberapa tempat lagi yang saya minati seperti Barriloche, Mendoza, dan Salta, tapi sejujurnya saya tidak ingin menghabiskan $200 lagi. Saya berharap akan ada rezim bebas visa dalam waktu dekat, atau setidaknya harganya turun menjadi $ 50, amin!

0 Response to "Pengalaman Mengurus Visa Argentina (AVE) Secara Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel