Perjalanan ke Antartika: Itinerary di Antartika dan Argentina

Perjalanan saya ke Antartika dan Argentina awal tahun ini adalah yang terlama. Saya berangkat dari Jakarta tanggal 27 Januari 2022 dan kembali ke Indonesia tanggal 1 Maret 2022, jadi total waktu tempuh sekitar 33 hari. Perusahaan seperti apa yang dapat Anda tempuh selama 33 hari? Alhamdulillah, saya belum perlu pergi berlibur dan saya masih dibayar penuh. Kantor saya masih bekerja dari rumah dan bisa diubah menjadi bisnis dari mana saja selama pekerjaan selesai. Setelah mengalaminya secara langsung, dia lelah bekerja dari jarak jauh selama 10 jam. Sungguh pola tidur yang kacau!

Karena masa inap yang diperpanjang, tidak seperti situs perjalanan biasa , saya tidak akan menjelaskan detailnya setiap hari tetapi tergantung pada tujuannya.

L Chalton

Rencana perjalanan terperinci
27-29 Januari : Jakarta ke Buenos Aires
Perjalanan panjang dimulai. Saya bepergian ke Buenos Aires melalui Tokyo, Chicago, dan Houston. Tiket pesawat saya dibagi dua, yaitu Jakarta ke Chicago dengan Japan Airlines dan Chicago ke Buenos Aires dengan United.

Terbang dari Jakarta ke Chicago melalui Tokyo-Narita dengan Japan Airlines

29 Januari - 8 Februari: Buenos Aires
Rencana awal adalah tiba di Buenos Aires pada 7 Februari, sehari sebelum pelayaran. Namun, ketika Omicron mulai berkembang, saya menjadi paranoid jika saya terlalu sempit dan akhirnya memutuskan untuk bergegas ke Buenos Aires. Untungnya, saya juga menemukan hotel yang bagus dengan harga lebih murah, jadi perubahan rencana ini tidak menguras kantong saya. Saya tidak melakukan banyak riset selama di Buenos Aires karena saya masih mencari pekerjaan dan ceritanya mau berubah cuaca. Untuk alasan ini, saya hanya menemukan zona hotel.

8-19 Februari: Buenos Aires ke Ushuaia untuk keberangkatan kapal pesiar
Anda akhirnya mendarat di Ushuaia! Ushuaia adalah bandara internasional paling selatan di dunia. Begitu mereka tiba di bandara, misi Poseidon menjemput mereka dan program dimulai. Itu cerita lain!

Pemandangan dari Hotel Aracor di Ushuaia

19 Februari: Ushuaia
Perjalanan dari Antartika akan diakhiri dengan kapal berlabuh di pelabuhan Ushuaia. Sebelum melanjutkan perjalanan, saya melakukan tur jalan kaki yang tidak terlalu seru di kota Ushuaia.

Tembok Ushuaia

19-22 Februari: El Calafate dan El Chalten
Setelah mengunjungi Patagonia Chili , saya ingin datang ke Patagonia melalui Argentina. Kota terdekat dengan bandara adalah El Calafate. Karena saya sudah pernah ke El Calafate, saya memanfaatkan hari pertama untuk melakukan day trip ke Perito Moreno Glacier.

Gletser Perito Moreno

Keesokan harinya, saya berangkat ke El Chalten. Saya sangat lelah karena perjalanan sehari ke Torres del Paine, Chili sehingga saya tidak ingin melakukan hal yang sama kali ini, seperti perjalanan sehari ke Laguna de los Tres. Juga, saya tidak bisa mengikuti jadwal akhir pekan. Saya lelah karena tidak menyenangkan jika saya tidak bisa bekerja.

22-24 Februari: Puerto Iguazu
Belum sempat berkunjung ke Brazil di tahun 2016 lalu, saya memasukkan Iguazu Falls ke dalam list tempat yang akan saya kunjungi kali ini.

Air Terjun Igazu

24-27 Februari: Buenos Aires
Saya akhirnya bisa menjelajahi banyak tempat di Buenos Aires seperti Recoleta, Puente de la Mujer dan Plaza de Mayo karena saya libur akhir pekan.

Buenos Aires

27 Februari - 1 Maret: Buenos Aires ke Jakarta
Ini penerbangan panjang ke Jakarta, tapi ini yang tercepat antara Indonesia dan Amerika Selatan dalam 32 jam. Jika sebelumnya Anda pernah menggunakan program transit dan jarak pendek selama 3 hari dalam perjalanan di Eropa atau AS, kali ini Anda hanya akan bepergian dua kali tanpa meninggalkan bandara, ke Sao Paulo, Brasil, dan Istanbul, Turki.

Ambil Turkish Airlines dari Buenos Aires ke Jakarta melalui Sao Paulo dan Istanbul

Visa
Saya memerlukan dua visa untuk perjalanan ini, satu untuk AS (walaupun transit hanya membutuhkan satu visa) dan Argentina. Berhubung saya punya visa US yang masih berlaku dan sudah dipakai selama dua tahun, saya bisa apply visa Argentina secara online, penjelasannya bisa dibaca di artikel berikut .

uang tunai
Setelah sekian lama hanya mengandalkan kartu kredit atau mendebet dengan kartu debit di ATM sesampainya di tempat tujuan, akhirnya saya menukar uang lagi. Karena uang di argentina bisa 2x lipat tanpa sulap.

Argentina memiliki apa yang disebut "tingkat dolar biru". Sejujurnya, saya tidak begitu mengerti mengapa ada kurs seperti itu, tetapi pada kurs ini, uang dolar AS dikonversi ke peso Argentina (ARS) dengan dua kali lipat dari kurs resmi. Tarif resmi saat saya di sana adalah 1 USD = 105-110 peso Argentina, tetapi saya bisa mendapatkan harga dolar biru 215 peso Argentina di Buenos Aires dan 200 peso Argentina di El Calafate. Di Kalfat, kata dia, situasinya lebih parah karena volumenya sangat sulit. Saya tidak tahu apakah itu benar atau tidak, tetapi saya mengakuinya karena saya sangat beruntung. Saya terlalu malas untuk menemukan cuevas / toko harga dolar biru jadi saya bernegosiasi dengan resepsionis hotel dan tuan rumah Airbnb.

Harga dolar biru

Apakah ini legal? Jelas ya, karena uang yang didapat memang nyata dan dihargai turis asing. Cara paling mudah adalah transfer ke Western Union, tapi di Indonesia sangat ribet karena tidak bisa transfer lewat aplikasi dan harus ke counter, jadi saya bawa uang cash yang cukup dalam US dollar.

tempat tinggal
Karena saya masih harus bekerja dan untuk waktu Argentina (23:00 hingga 20:00) saya tidak dapat memilih hostel jika saya ingin tetap tenang. Untungnya, tinggal di Argentina tetap manusiawi untuk hotel.

Saya menginap di Hotel Ap Viamont dengan total 13 malam di Buenos Aires (10 malam di awal dan 3 malam di akhir perjalanan). Kamarnya luas, meja dan alat makannya besar, jadi enak buat makan dan makan di rumah. Saya membayar sekitar Rp 400.000 per malam untuk 10 malam pertama dan Rp 650.000 per malam untuk 3 malam terakhir.

Naik Viamonte Hotel, Buenos Aires

Sedangkan di El Calafate dan Puerto Iguazu, saya tidak bisa menemukan hotel dengan pelayanan yang baik dan lokasi yang strategis dengan harga yang terjangkau, jadi saya memutuskan untuk menginap di Airbnb. Saya membayar sekitar Rp450.000 per malam di El Calafate dan Rp300.000 per malam di Puerto Iguazu untuk tipe "whole space" (bukan shared room).

Moda transportasi
Selama perjalanan ini, saya mengalami banyak moda transportasi, mulai dari pesawat, mobil, bus, kapal hingga kereta api.

Saya selalu lebih suka terbang kota untuk menghemat waktu. Saya selalu terbang dengan Aerolinas Argentina karena saya tidak ingin khawatir dan saya tidak ingin lebih banyak opsi penjadwalan. Ada pilihan maskapai lain seperti JetSmart dan FlyBondi, namun jadwalnya tidak sama dan harganya sedikit berbeda. Selain itu, dengan maskapai penerbangan, saya dapat mengumpulkan miles bonus untuk SkyTeam, dan saya telah memutuskan untuk mengumpulkan miles bonus untuk Air France dan Flying Blue KLM karena suatu hari saya ingin terbang dengan kursi kelas bisnis zigzag terbalik.

Air Argentina A330 di Ushuaia

Saya tidak pernah mencoba angkutan umum di Argentina karena saya membawa dua koper dan satu koper besar. Lagipula, sepertinya semua orang kaya selalu naik taksi dari dan ke bandara. Nikmat banget ya mak, soalnya pesan duluan gak usah nunggu jadi jangan khawatir prosesnya cepat banget. Tidak apa-apa naik taksi karena nilai dolar biru tadi.

Buenos Aires juga memiliki Uber dan Cabify, harganya mirip dengan Jakarta sehingga tidak akan membuat Anda miskin.

sebuah gerakan
Dulu saya menolak yang namanya ikut tour, saat ini saya selalu ikut tour karena pengaturan di antartika sangat sulit untuk diurus. Jadi saya melakukan perjalanan sehari untuk menghindari lebih banyak sakit kepala dan memiliki posisi yang baik untuk kegiatan di Argentina. Bahkan tidak mencoba membandingkan harga jika saya harus pergi sendiri jadi saya bersedia membayar lol.

Bus Wisata Utara ke Puerto Iguazu

Untuk tur Gletser Perito Moreno, saya memilih Tur TripAdvisor. Saya mengambil paket yang sudah termasuk cruise untuk melihat gletser dari dekat. Saya memilihnya tanpa mengetahui bahwa saya akan menatap gletser Antartika. Biaya tur 70 USD (sekitar IDR 1.000.000) untuk tur 7 jam, berangkat jam 8 pagi dan kembali jam 3 sore. Tiket masuk di luar taman nasional berharga 1.260 peso Argentina (sekitar Rs. 175.000).

Saya memilih tur "Full Day Chalten Soft" Viator ke El Chalten. Saya mengambil paket yang paling dasar karena saya tidak ingin terlalu lelah saat berjalan. Meski tidak semenarik perjalanan sehari ke Torres del Paine, pemandangannya menakjubkan. Harganya 80 USD (sekitar Rp 1.150.000) dan durasi tur sekitar 12 jam, berangkat jam 7 malam dan kembali ke El Calafate jam 7 malam.

Kunjungan terakhir adalah perjalanan sehari ke Air Terjun Iguazu. Harganya murah banget, cuma 200.000 IDR tapi itu hanya untuk transfer dan kereta ke taman nasional. Masih worth it karena harganya akan lebih mahal jika naik taksi. Tiket taman nasional tidak termasuk dan dapat dibeli secara online seharga 2.800 peso Argentina (sekitar 385.000 INR). Hanya membutuhkan waktu 7 jam, berangkat jam 8 pagi dan kembali ke kota jam 3 sore.

Saya sangat senang dengan semua sirkuit yang saya pilih karena memenuhi kebutuhan saya dan ketat secara keseluruhan. Bonusnya adalah Anda lebih memahami apa yang Anda kunjungi karena Anda mendapat penjelasan. Nah, bahkan jika saya lupa sekarang ...

Kartu SIM dan paket internet
Indosat tidak ada sinyal di Argentina! Sungguh memusingkan ketika Anda mendapatkan layanan yang membutuhkan OTP. Untungnya, Uber saya ditautkan ke kartu kredit saya, jadi saya tidak memerlukan OTP. Cabify awalnya gagal mendaftar karena memerlukan OTP serta layanan pengiriman makanan Pedidos. Untungnya, ada layanan pengiriman bagus lainnya bernama Rappi, di mana Anda selalu bisa membeli makanan dengan mengirimkan OTP di WhatsApp.

Pada hari kelima, saya akhirnya mencoba toko Movistar, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Argentina. Setelah hotline di luar penuh di dalam jadi pas giliran saya dikasih tahu gak bisa beli sim card disana dan diarahkan ke toko lain. Sayangnya, saya tidak bisa menemukan toko yang dimaksud, jadi saya tidak bisa mendapatkan kartu SIM.

Setelah menyelesaikan trekking dan jalan-jalan di Ushuaia akhirnya saya bisa mendapatkan kartu SIM. Kali ini saya mencoba pergi ke toko Claro, lagi-lagi saya diberitahu bahwa mereka tidak menjual kartu sim. Ketika saya mengunjungi toko HP Casing dan mencoba masuk, mereka menjual kartu SIM Claro! Anda juga dapat membantu isi paket internet. Saya membayar 350 peso Argentina untuk kartu dan 500 peso Argentina untuk paket internet 2 minggu, total sekitar 110.000 IDR (tapi karena saya membayar tunai, saya sebenarnya hanya membayar 55 IDR.000). Prosesnya sangat cepat dan Anda tidak perlu mendaftar untuk mengaktifkan kembali.

Kartu SIM Claro

makanan
Ketika saya di Buenos Aires saya selalu membeli makanan melalui Rapi karena saya tidak tahu harus makan apa dan ponsel saya tidak memiliki paket internet untuk menerjemahkan semua menu ke dalam bahasa Spanyol. Rapi sangat mudah digunakan untuk wisatawan mancanegara. Meskipun sebagian besar menu dalam bahasa Spanyol, aplikasi dan layanan pelanggan dalam bahasa Inggris, jadi mereka tidak akan membodohi Anda seperti Peidos.

Karena saya pesan banyak, akhirnya saya beli yang premium dengan gratis ongkos kirim. Ini sebenarnya tidak buruk karena biaya pengiriman tunggal setidaknya ARS 120 dan paketnya dihargai ARS 799 selama 30 hari yang termasuk bonus HBO Max sebulan gratis. Tidak bisa makan saat berkunjung ke kantor bukanlah hal yang buruk. Saya memeriksa berapa banyak yang saya tabung di Argentina hari itu dan jumlahnya 2.500 peso Argentina! Makanannya sendiri bervariasi, tapi biasanya saya pesan chinese food karena porsinya besar dan ada nasinya.

Sayangnya, tidak ada rapier atau anak-anak di El Calafate dan Puerto Iguazu. Ya, jadi saya harus berburu makanan dan sering membeli sandwich. Untuk sekitar 1.180 peso Argentina (sekitar Rs. 161.000), saya mendapatkan ayam goreng besar yang murah dan enak. Tidak buruk untuk makan siang.

Beras (sangat kering) dan ayam

নৈমিত্তিক খাবারের জন্য, আমি শিখেছি যে আর্জেন্টিনা তার স্টেকের জন্য বিখ্যাত। এর কারণ হল হিউস্টন থেকে বুয়েনস আইরেসের একটি ফ্লাইটে ইউনাইটেড এজেন্ট আমেরিকানদের কাছ থেকে অভিযোগ শুনেছিল এবং ফ্লাইটটি 12 ঘন্টা বিলম্বিত হয়েছিল। এই ব্যক্তি 3 মাস আগে একটি রেস্তোরাঁ রিজার্ভেশন করেছিলেন এবং এটি ব্যবহার করতে পারেননি৷ বলা হয়, আর্জেন্টিনায় গরুর মাংস খুবই বিশেষ। যেহেতু আমি রেনডাং-এ তৈরি গরুর মাংস পছন্দ করি, আমার মনে হয় এটা আমার জন্য উপযুক্ত হবে না এবং আমি স্বাদ উপভোগ করতে পারব না...হাহা। আরেকটি জনপ্রিয় খাবার হল মিলানসা বা সুপ্রেমা (মুরগি/গরুর মাংস/শুয়োরের মাংস), কাতসু আকারে। আমি যে নতুন খাবারটি চেষ্টা করেছি তা মূলত ম্যাকারনগুলির মতো তবে ক্যারামেল সহ একটি ডেজার্ট। খুব ঠান্ডা!

ওহ হ্যাঁ, এবং খাবারটি ভুলে যাবেন না আমি যেখানেই এটি খুঁজে পাই সেখানেই চেষ্টা করি: কেনটাকি ফ্রাইড চিকেন! খুব ভালো 3 পিস ফ্রাই এবং একটি পানীয় 880 আর্জেন্টিনীয় পেসোতে (প্রায় 120,000 টাকা) আপনি 2-3 বার খেতে পারেন।

কেএফসি খেয়েছি!

নিচে আর্জেন্টিনায় আমার ট্রিপ এবং ভ্রমণপথের সারসংক্ষেপ। আশা করি এটি আপনাকে এই ট্রিপের পরিকল্পনা করতে সাহায্য করবে।

0 Response to "Perjalanan ke Antartika: Itinerary di Antartika dan Argentina"